Sunday, June 24, 2012

VIBRIO


VIBRIO


Ir Joko waluyo Dipl.EIA.,MScPH 


Baku Mutu
Kuman vibrio termasuk dalam coliforms termotoleran. Kuman koliform digunakan untuk indikator ada tidak nya kuman pathogen termasuk vibrio. Jika ditemukan kuman Vibrio sp , harus di beritahukan pada pejabat yang berwenang.

Gambaran umum
Vibrio Sp termasuk dalam water-borne . Cholera (Vibrio-cholerae 01) termasuk dalam bakteri  yg ditularkan melalui air (water associated diseases) telah tercatat banyak kasus KLB ( outbreak) akibat Vibrio ini.  KLB karena makanan ( food borne – outbreak) sering terjadi dan biasanya hal ini erat kaitannya dengan dengan keadaan hunian yang padat dan hygiene yang jelek. Penyebaran cholera  sudah banyak diulas, dan air tak diragukan lagi sebagai media penyebarannya, namun demikian masih terbuka dari aspek epidemiologi untuk diperdebatkan. Banyak bukti bukti yang mengatakan bahwa Vibrio cholera termasuk serotype 01 yang secara alamiah ada dalam air permukaan.

Kondisi di Australia dan Indonesia
Vibrio sp telah banyak di isolasi dari sumber air di Queensland  namun bukan dari air distribusi. Belum ada  tulisan/ terbitan hubungan antara vibrio di air sumber dan dampak kesehatan nya pada masyarakat.

Pengolahan Air Minum
Prosedur standard disinfeksi untuk memberantas Vibrio cholera 01 (penyebab epidemic cholera) adalah dengan memberi disinfektan. Bisa menggunakan  chlor dengan konsentrasi 0,2 – 0,5 ppm dan yang penting air minum harus jernih ( turbidity rendah) supaya tidak menimbulkan kesalahan dalam pemeriksaan kandungan chlorin .

Methode Identifikasi
Vibrio spp tidak berspora, batang gram negative motile dengan single flagela, aerobic dan facultatif an aerob.Fermentasi  dan tidak menghasilkan gas. Mengasilkan katalase dan  oxidase serta  merubah nitrat menjadi nitrit.

Dampak Kesehatan
 Vibrio yang bisa menyebabkan kasus diarhe  berat adalah yang jenis serotype nya 01 . Type serotype 01 kemudian di kenal dibagi menjadi “clasic” dan “El Tor”. El tor  ini yang menghasilkan hemolisin  yang aktiv terhadap sel darah merah domba.
Bila ada dalam jumlah besar di mucosa usus, Vibrio cholera 01 menghasilkan enterotoxin (cholera toxin)   yang bisa merubah aliran ionik dan menembus mucosa yang bisa mengakibatkan air dan elektrolit  yang berlebihan  didalam faeces.
Hampir semua organisme yang menyebabkan epidemik cholera termasuk dalam serogroup 01, namun demikian ada Vibrio mimicus  (jenis yang tidak memfermentasi sucrosa)yang  berhasil diisolasi  dari penderita cholera.

Penyusunan Baku Mutu
Isolasi Vibrio cholera 01 dari air minum adalah hal yang penting dalam kesehatan masyarakat. Namun ada serogroup lain dari Vibrio cholera yang merupakan normal flora dalam air. Vibrio cholera dan Vibrio spp pathogenic harus nol didalam air minum.


No comments:

Post a Comment